Minggu, 26 September 2010

Tetang dan tata cara wimax




Menggelar teknologi andalan dan terbilang baru

WiMAX atau Worldwide Interoperabilit for Microwave access menjadi teknologi yang di andalkan untuk mengakses internet dengan cepat serta menjangkau area yang luas . Menggunakan jaringan pita yang lebar dengan kecepatan yang di bilang tinggi yang bisa mencapai 70megabita per detik , WiMAX ini di harapkan dapat memberikan solusi, baik untuk pengguna rumahan, komunitas, pusat-pusat bisnis, kampus, area pubik , seperti Bandar udara dan juga di taman” lain nya seperti taman menteng atau di taman kelapa gading misalnya .
Arsitektur yang di gunakan WiMAX juga ideal untuk menyediakan akses cepat ke lokasi-lokasi yang sulit dilakukan penggelaran koneksi kabel yang membutuhkan biaya besar.
Kelebihan lain : koneksi WiMAX dapat digabungkan atau dialihkan ke jaringan LAN berbasis kabel atau nirkabel lainnya.
Sistem WiMAX juga tidak memerlukan jarak andang antara menara pemancar dan penerimaan serta menjangkau hingga jarak yang cukup jauh hingga 50kilometer dengan layanan kecepatan data hingga 70Mpbs, jaugh lebih cepat ketimbang Wi-Fi. Penggunaan WiMAX juga cukup mudah. Hanya dengan menyalakan perangkat keras yang ada di sisi pengguna, secara otomatis akan terkoneksi dengan pemancar WiMAX terdekat.
Dibawah ini adalah bagaimana system WiMAX di gelar .


  1. Sebuah system WiMAC dan perangkat penerima WiMAX . Tiang pemancar WiMAX mampu menjangkau area hingga 8000km persegi.
  1. Secara umum perangkat WiMAX terdiri dari base station di pusat serta CPE atau terminal modem di sisi pelanggan
3. Tiang pemancar WiMAX dapat terkoneksi langsung ke internet menggunakan koneksi berbasis kabel dengan bandwith tinggi , atau bisa juga berkoneksi dengan pemancar WiMAX lain dengan sambungan gelombang mikro .

  1. Selain perangkat utama yang tadi di sebutkan di atas , WiMAX memerlukan perangkat tambahan seperti antenna , kabel , dan aksesori lain nya .
  2. Perangkat penerima biasanya di pasang di satu lokasi dengan jaringan protocol Internet. Dari base station akan di sambungkan ke beberapa CPE dengan media interface gelombang radio
  3. Di sisi pengguna atau pelanggan , peralatan yang disiapkan adalah CPE, yang terdiri atas CPE outdoor unit dan indoor unit. Perangkat radionya ada yang terpisah, ada pula yang terintegrasi dengan antenna. CPE ini yang akan menghantarkan gelombang radio melalui antenna ke pelanggan atau konsumen.

Tidak ada komentar: