Jumat, 05 April 2013

CLOUD COMPUTING DEFINITON

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai definisi cloud computing . Mungkin kalau orang awam masih bertanya tanya apa itu cloud computing . Jadi cloud computing ini adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan ( internet ) , asal kata cloud ini sendiri di ambil dari penggunaan simbol berbentuk awan yag sering digunakan sebagai abstraksi penggambaran infrastruktur kompleks yang dikandungnya dalam sebuah sistem.

Pada awalnya cloud computing ini sempat dipandang sebelah mata, karena faktor keamanan data menjadi pertimbangan utama sebuah perusahaan untuk beralih ke layanan ini. Namun, dalam tiga tahun terakhir, perkembangannya cukup menggembirakan. Apalagi komputasi awan adalah masa depan teknologi informatika berbiaya rendah. 

Dan ada beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada seorang narasumber dari suatu perusahaan terkemuka di Indonesia .
Apa yang dimaksud dengan Cloud computing ?
- Segala macam kegiatan komputasi yang dilakukan di internet dan menggunakan resource yang bukan milik kita, yaitu pihak ketiga. Itu bisa di sebut dengan cloud

Apakah Cloud Computing ini adalah hal baru ?
- Bukan, ini sebenarnya evolusi dari layanan Internet. Dulu, kita mengenal layanan web based e-mail dan enterprise risk management. Nah, ini berevolusi menjadi cloud computing.

Apa bedanya dengan data center ?
- data center bersifat lebih fisik, seperti soal tempat, listrik, kabel dan jaringan internet. Cloud lebih ke layanan. Jadi ada istilah virtual data center karena fisiknya tidak diketahui ada dimana.

Bagaimana dengan perkembangan cloud ?
- Semakin meningkat. Banyak provider baru. Manajemen perusahaan yang sudah mengerti akan bisa berhemat banyak. Saat ini ada beberapa pemain besar dan kecil.

Perkembangan adopsi layanan cloud ini seperti apa ?
- Secara komersial, ini yang masih belum tergarap. Potensi nya besar karena banyak perusahaan yang belum migrasi ke cloud. Tapi, di kemudian hari, tidak pakai cloud akan ketinggalan zaman

Apa ada perbedaan pada sisi platform ?
- Tidak . Cloud itu bisa diakses dari mana saja, apa pun sistem operasi dan perangkat yang digunakan. Di mobil device, kita mengenal istilah cloud storage, seperti Dropbox dan box. Untuk akses dari desktop, ada clooud server dan cloud e-mail 

Apa kendalanya?
- Harga infrastruktur yang terbilang mahal, seperti listrik dan koneksi internet. Tapi kelebihan kita adalah bandwidth sangat murah. Kalau kita punya bandwidth lokal yang besar, lalu kita pakai layanan cloud lokal, kita bisa mengakses lebih cepat.

Tidak ada komentar: