Senin, 15 Oktober 2012

SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEWIRAUSAHAAN


 Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Sedangkan dalam hubungannya denagan kewirausahaan, SDM merupakan Individu-individu dalam organisasi kerwirausahaan yang dapat memberikan kontribusi atau sumbangan yang berharga berupa peroduktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai tujuan sistem organisasi kewirausahaan. Tugas penyediaan sumber daya manusia yang semestinya adalah sangat penting bagi wiraswastawan. Produktivitas pada semua organisasi kewiraswastaan ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia berinteraksi dan bergabung untuk menggunakan sumber daya system manajemen. Faktor-faktor seperti latar belakang, umur, pengalaman yang berhubungan dengan jabatan, dan tingkat pendidikan formal kesemuanya mempunyai peranan di dalam menentukan tingkat ketepatan posisi individu-individu pada organisasi kewiraswastaan.


Langkah-langkah penyediaan sumber daya manusia :

1. Perekrutan karyawan
Penarikan tenaga kerja adalah langkah pertama di dalam menyediakan sumber daya manusia bagi organisasi kewiraswastaan setiap kali terdapat posisi yang kosong.

2. Seleksi calon karyawan
Seleksi tenaga kerja adalah penyaringan awal dari calon sumber daya manusia yang tersedia untuk mengisi suatu posisi. Tujuannya adalah untuk memperkecil hingga jumlah yang relatif sedikit calon karyawan dari mana seseorang akhirnya akan disewa.
Tahap proses selesi :
-      Penyaringan pendahuluan dari rekaman, berkas data dll
-      Wawancara pendahuluan
-      Tes kecerdasan ( IQ )
-      Tes bakat ( Aptitude )
-      Tes kepribadian ( Personality )
-      Rujukan Prestasi ( Performance References )
-      Wawancara Diasnotik
-      Pemeriksaan Kesehatan
-      Penilian Pribadi
Dua alat yang sering digunakan untuk membantu proses seleksi adalah :
1.    Ujian
Di dalam Ujian ini di bagi menjadi 4 kategori yaitu :
a.    Tes bakat
b.    Tes pencapaian
c.    Tes minat vokasional
d.    Tes kepribadian



2.    Pusat Penilian
Suatu program dan bukannya tempat dimana peserta tergabung dalam sejumlah individu dan kelompok latihan yang dibentuk untk menstimulasi aktivitas-aktivitas peting pada tingkat dimana peserta berharap untuk bisa mencapai suatu tingkatan tertentu.

3. Pelatihan karyawan
Pelatihan karyawan adalah keterampilan yang diajarkan pihak perusahaan kepada karyawannya.

4. Penilaian hasil kerja
Penilaian tentang hasil kerja yang telah dilakukan oleh karyawannya, apakah sesuai dengan yang diharapkan atau belum.

SUMBER DARI SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber dari dalam organisasi :

• Karier
Karir pekerjaan dari seorang karyawannya yang begitu meningkat, memungkinkan karyawan tersebut akan mengisi posisi yang kosong.

• Promosi jabatan, promosi dari dalam biasanya mempunyai keuntungan (1) membangun moral, (2) mendorong karyawan untuk bekerja lebih keras dengan harapan akan mendapatkan promosi, dan (3) membuat individu cendrung tinggal dengan organisasi kewiraswastaan tertentu karena kemungkinan promosi di masa depan.

• Rotasi jabatan
Rotasi jabatan bisa dilakukan apabila itu diperlukan untuk kepentingan perusahaan.

Sumber dari luar organisasi :

• Para pesaing
Satu sumber eksternal sumber daya manusia yang umumnya terbuka adalah organisasi kewiraswastaan pesaing. Karena terdapat beberapa keuntungan membajak sumber daya manusia dari pesaing, tipe pembajakan ini telah menjadi praktek yang umum. Diantara keuntungan-keuntungannya adalah: (1) pesaing akan harus membayar pelatihan individu sampai saat penyewaan, (2) organisasi kewiraswastaan pesaing mungkin akan agak diperlemah dengan kehilangan individu, dan (3) sekali disewa, individu menjadi sumber informasi yang berharga mengenai bagaimana cara terbaik bersaing dengan bekas organisasinya

• Badan/agen penempatan kerja
Suatu agen penempatan kerja adalah suatu organisasi yang mengkhususkan diri di dalam menyesuaikan individu dengan organisasi. Agen-agen tersebut membantu orang-orang untuk menemukan pekerjaan dan organisasi yang memerlukan tenaga kerja.

• Lembaga pendidikan, beberapa wiraswastawan pergi secara langsung ke perguruan tinggi untuk mewawancarai mahasiswa-mahasiswa yang mendekati kelulusan. Sekolah bisnis, sekolah teknik, sekolah seni, dan lain-lain mempunyai sumber daya manusia yang agak berbeda untuk ditawarkan. Usaha penarikan tenaga kerja hendaknya dipusatkan pada sekolah-sekolah dengan kemungkinan tertinggi untuk menyediakan sumber daya manusia semestinya bagi posisi lowong.

• Mass media informasi
Mungkin sumber tenaga kerja manusia yang potensial yang paling luas adalah pembaca dari publikasi-publikasi tertentu.  Untuk bisa menemukan sumber ini, wiraswastawan bisa memasang iklan pada media masa. Iklan tersebut hendaknya menguraikan posisi yang lowong secara mendetail dan mengumumkan bahwa organisasi kewiraswastaan menerima lamaran dari individu yang memiliki kualifikasi. Tipe posisi yang hendak diisi menentukan tipe publikasi di mana suatu iklan hendak dipasang.


Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda pertimbangkan ketika merencanakan untuk berwirausaha salah satunya bisnis online, yaitu :

1.Buatlah strategi promosi
Rencanakan bisnis online Anda dengan berpikir tentang bagaimana pelanggan Anda dapat dan harus menemukan Anda. Tanyakan kepada diri sendiri "apa yang Anda sukai" untuk mendapatkan para pelanggan Anda. Berapa persentase orang akan siap untuk membayar untuk produk Anda dan mengapa.

2.Analisa Pasar
Analisa Pasar umumnya tentang belajar tentang kondisi pasar dimana Anda mempromosikan produk Anda. Hal ini dapat dipelajari dengan melakukan analisis tertutup terhadap pesaing Anda, pencarian Google, yahoo, keuangan atau dengan menyewa seorang ahli untuk melakukannya untuk Anda. Semakin Anda tahu tentang pasar Anda, kesempatan yang Anda miliki untuk berhasil dalam usaha pemasaran online Anda semakin besar.

3.Analisa mental pelanggan sebelum promosi
Ini adalah salah satu langkah penting yang sering diabaikan pelaku bisnis. Anda harus tau apa yang ada di pikiran pelanggan Anda saat sebelum membeli produk dan apa yang harus Anda masukkan ke dalam pikirannya sehingga dia harus membeli produk Anda. Selanjutnya Anda juga harus menganalisis apa yang akan menjadi kelompok usia orang yang bersedia untuk membeli produk Anda.

4.Produk Positioning
Ini berarti menciptakan reputasi dalam pikiran pelanggan Anda ketika ia / ia mendengar nama perusahaan Anda. Hal ini penting dari penamaan produk Anda untuk membangun reputasi dan memberikan dukungan terbaik.

5.Mencari Pasar yang tepat untuk mempromosikan produk Anda
Bila Anda memiliki terlalu banyak kompetisi beragam maka sangat sulit untuk mempromosikan produk Anda. Sebagai contoh pasar penurun berat badan tidak akan menjual produk pembangun otot. pembesar otot dan penurun berat badan keduanya seperti pasar yang sangat dekat tetapi Anda tidak akan dapat menjual produk bagus di pasar yang berlawanan tanpa penelitian.

6.Berikan harga yang tepat
Bila Anda pemain baru maka sangat penting bagi Anda untuk menyediakan produk atau jasa Anda dengan harga yang kompetitif dan mungkin dengan penawaran menarik. Beberapa kali Anda mungkin harus menurunkan harga. Karena Anda pemain baru untuk pasar, Anda harus menderita kerugian sementara atas beberapa laba yang diperoleh dari setiap produk yang dijual, ini biasanya terjadi pada setiap pemain baru yang mencoba untuk membangun keuntungan bisnis online untuk pertama kalinya. Sedangkan pemotongan harga dan memberikan penawaran khusus tidak harus selalu rugi seiring waktu.

7.Menjual Produk secara Online
Ini adalah cara bagaimana Anda akan menjual produk secara online. Ada beberapa metode yang mencakup tentang afiliasi untuk menjual produk Anda, SEO untuk website Anda, artikel pemasaran, press release, membayar per klik iklan (CPC), membeli ruang iklan dari situs yang relevan, drive trafik, memberikan laporan gratis dll


8. Distribusi Dan Pengiriman Produk
Jika Anda menawarkan produk fisik maka sebaiknya termasuk menyediakan jasa pengiriman cepat. Jika produk Anda digital seperti layanan perangkat lunak, ebook atau online maka setidaknya menyediakan akses instan. Ini praktis melibatkan kualitas layanan yang Anda sediakan terhadap produk atau layanan Anda.

Dalam bisnis online yang berbasis menengah – kecil biasanya jarang terjadi perekrutan tenaga kerja, karena bisnis ini dapat dikerjakan secara personal. Bila bisnis tersebut merupakan bisnis yang besar, maka dibutuhkan perekrutan tenaga kerja ahli yang mampu menjalankan bisnis tersebut.

Sumber :
Sumber 1

Tidak ada komentar: