Sabtu, 29 Desember 2012

Menghapus Dosa ? Apakah bisa ?

Mungkin Judul di atas menjadi pertanyaan bagi kita semua, apakah bisa seseorang menghapus dosa nya yang telah lalu, dan jikalau memang bisa, bagaimana caranya , untuk itu saya disini akan membagikan sedikit cara dan sharing mengenai bagaimana caranya untuk menghapus dosa. Sesungguhnya jiwa-jiwa manusia terutama pada zaman sekarang ini telah diliputi perasaan malas dan santai serta menuruti hawa nafsunya dan dibuai angan-angan kepada Allah. Dan hawa nafsu itu tidak akan meninggalkan hati kecuali dengan dua cara : yaitu Rasa takut (kepada Allah) dan rindu (kepada-Nya), agar dosa yang telah kita perbuat dapat diampuni, maka kita harus mengikuti beberapa kiat berikut ini:

1. Taubat 
Sesungguhnya Allah SWT membentangkan tangan-Nya pada waktu malam untuk menerima taubat orang yang berdosa pada waktu siang dan Dia membentangkan tangan - Nya pada waktu siang untuk menerima taubat orang yang berdosa pada waktu malam hingga terbitnya matahari dari tempat terbenamnya (Maksudnya adalah hari kiamat ) (HR. Muslim) dan ada juga riwayat yang menyampaikan bahwa kalau Allah SWT lebih bahagia orang yang bertaubat melebihi bahagia nya seseorang yang berhasil kembali menemukan unta merah nya yang hilang di padang rumput yang luas.

2. Menuntut Ilmu
Seseorang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. Siapa dipagi hari berangkat ke masjid hanya untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkan kebaikan, misalnya mengajar dan mempelajari Al-Qur'an maka baginya bagaikan pahala orang yang melakukan haji dengan sempurna.

3. Halaqah dzikir dan mengaji
Suatu kaum yang duduk untuk berdzikir lalu mereka berdiri, niscaya akan dikatakan kepada mereka. Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa kalian, dan kesalahan kalian telah diganti dengan kebaikan (Shahih Al-Jami)

4. Dzikir
Sesungguhnya Aku berdasarkan persangkaan hamba-Ku kepada-Ku dan Aku bersamanya saat dia mengingat-Ku, jika dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku, dan jika dia mengingat-Ku di hadapan orang-orang, maka Akupun akan mengingatnya di hadapan makhluk-makhluk yang lebih baik dari mereka. Jika mereka mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekainya sehasta dan jika mereka mendekati-Ku sehasta, maka Aku mendekatinya sedepa dan siapa yang mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari.

5. Berbuat dan Mengajak Kebaikan
Setiap kebaikan adalah shadaqah, dan orang yang menunjukkan kepada kebaikan bagaikan orang yang melakukannya (Shahih Al-Jami)

6. Keutamaan Berdakwah di Jalan Allah
Seandainya Allah memberi hidayah kepada seseorang atas perantara kamu maka (ganjarannya) itu lebih baik bagi kalian daripada kalian mendapatkan seekor unta merah.

7. Amar Ma'ruf Nahi Munkar
Sesungguhnya ada dari umatku yang diberikan pahala seperti pahalanya generasi pertama, hal tersebut karena mereka mencegah kemungkaran

8. Belajar Al-Qur'an , membaca , dan menghafalnya
Orang yang membaca Al-Qur'an dan dia pandai membacanya maka (nanti di akhirat akan dikumpulkan) bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an dan dia terbata-bata karenanya serta kesusahan maka baginya 2 pahala (Muttafaq Alaih)

9. Belajar Alqur'an di Masjid
Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah yang didalamnya merka membaca AL-Qur'an dan mempelajarinya diantara mereka, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dicurahkan rahmat dan dikelilingi oleh para malaikat serta Allah sebut-sebut mereka pada (makhluk) yang ada disisi - Nya (HR Muslim)

10. Memberi Salam
Tidak akan masuk surga kecuali kalian beriman, dan tidak beriman sebelum kalian saling mencintai, maka sebarkanlah salam diantara kalian

11. Berjabat tangan
12. Cinta karena Allah
13. Mengunjungi Saudara ( rekan ) yang sakit
14. Membantu dan memenuhi kebutuhan orang lain
15. Membahagiakan orang beriman
16. Akhlak yang baik
17. Menyingkirkan gangguan di jalan
18. Menanam tumbuh-tumbuh an
19. Jujur
20. Bertaqwa
21. Sabar
22. Zuhud terhadap dunia
23. Berbakti kepada orang tua

Itu adalah beberapa cara untuk menghilangkan atau mengurangi dosa yang telah kita perbuat di masa lampau, untuk itu marilah kita dari sekarang sudah mulai berkonsentrasi pada amalan-amalan fardiyah tersebut. Ingatlah bahwa Allah SWT sangat bebelas kasih dan suka memeberikan ampunan bagi dosa-dosa hamba-Nya yang telah lalu untuk bertaubat.

Tidak ada komentar: